Rilis GNOME 3.32: 11 Fitur Terbaik

GNOME 3.32 telah hadir dengan membawa fitur baru dan tambahan ke desktop Linux.

Di antara perubahan yang ditawarkan di GNOME 3.32 adalah ikon baru dan pembaruan tema baru, sejumlah perbaikan kinerja yang sangat dibutuhkan, dan versi baru aplikasi pengelola file Nautilus .

Secara keseluruhan, GNOME 3.32 adalah peningkatan besar. Dan karena ini adalah lingkungan desktop sumber terbuka gratis yang paling populer di dunia, peningkatan besar adalah berita utama bagi jutaan penggunanya.

Masih banyak yang bisa dipelajari, jadi bergabunglah dengan kami saat kami memperlihatkan fitur-fitur baru yang terbaik dari GNOME 3.32.

GNOME 3.32: 11 Fitur Terbaik

1. Pembagian Fraksional dalam Shell GNOME

skala fraksional

GNOME 3.32 adalah versi pertama yang mendukung penskalaan pecahan, fitur yang sering diminta yang memungkinkan semua yang ada di layar terlihat ‘normal’ pada monitor HiDPI.

Kelemahannya adalah, untuk saat ini, merupakan opsi eksperimental yang hanya berfungsi pada sesi Wayland.

Yup, penskalaan fraksional tidak diaktifkan secara default, meskipun merupakan masalah besar.

Untuk mengaktifkan penskalaan pecahan dalam GNOME 3.32 Anda perlu

a) menggunakan Wayland dan

b) secara manual menambahkan scale-monitor-framebuffer ke kunci org.gnome.mutter.experimental-features .

Ketika dihidupkan, Anda dapat menuju ke Pengaturan> Panel tampilan untuk memilih nilai penskalaan, yang mencakup nilai 125%, 150%, 175%, dan 200%.

Ini merupakan permintaan keras terhadap Canonical untuk mendukung nilai penskalaan pecahan.

2. Kontrol Izin Aplikasi

gnome 3.32 fitur - pengaturan aplikasi

GNOME 3.32 memberi Anda lebih banyak kontrol terhadap aplikasi yang diinstal dan apa yang dapat diaksesnya saat berjalan.

Panel Pengaturan> Aplikasi baru mencantumkan semua aplikasi yang diinstal (repo dan Flatpak). Klik sebuah aplikasi untuk menampilkan pengaturan dan izin utamanya.

Anda dapat mematikan untuk hal-hal seperti pemberitahuan aplikasi, suara dan pencarian, serta izin yang dapat dikonfigurasi untuk aplikasi Flatpak. Beberapa izin bawaan tidak dapat diubah, misalnya, Nautilus memiliki akses ke sistem file Anda.

Pada catatan terkait, izin Flatpak sekarang muncul di Perangkat Lunak. Hub aplikasi telah diperbarui untuk menunjukkan izin mana yang dapat diakses oleh aplikasi Flatpak jika pengguna memilih untuk menginstalnya. Sangat praktis!

3. Set Ikon GNOME Baru

GNOME 3.22 menampilkan ikon-ikon baru

Untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama ada peningkatan antarmuka pengguna yang ditawarkan.

Perbaruan gaya aplikasi sistem dan ikon aplikasi dengan desain foto ‘realisme’ yang lebih datar, berwarna, dan lebih terbaca. Tampilan baru sedikit bersudut, dan banyak ikon 3D.

Apakah ikon baru terlihat lebih baik daripada ikon yang lama? saya pikir mereka lebih cantik .

4. Peningkatan Tema Adwaita

gnome gtk adwaita baru sebelum dan sesudah
Atas: Sebelum; Bawah: Sekarang

Selain memperbarui tampilan ikon, rilis GNOME Shell ini juga menampilkan beberapa perubahan tema.

Seperti set ikon baru, tema Adwaita yang segar lebih datar, lebih ringan, dan lebih modern.

Header bar, tombol, sakelar dan menu lebih gesit, lebih rapi, dan lebih konsisten. Pukulan keras yang mengelilingi banyak widget digantikan oleh bayangan dan gradien halus.

5. Peningkatan Kinerja Utama

adwaita refresh mockup

Anda tidak perlu mengikuti berita Linux dengan cermat untuk mendengar bahwa tujuan inti dari siklus pengembangan GNOME 3.32 telah difokuskan pada peningkatan kinerja GNOME Shell , Mutter, dan teknologi terkait.

Mutter (pengelola jendela) dan GNOME Shell UI lebih responsif dalam rilis kali ini, dengan animasi, menu dibuka dan tindakan di-klik dibuat lebih cepat.

6. Kontrol Cahaya Malam Granular

Fitur-fitur GNOME 3.22 - aplikasi

Filter cahaya biru asli untuk GNOME Shell memulai debutnya kembali pada tahun 2017, tetapi baru sekarang kontrol yang lebih disempurnakan dengan pengaturan suhu warna.

Jika Anda menggunakan Mode Malam, namun ingin sedikit lebih sedikit / lebih hangat dari nilai standar yang digunakan, buka Pengaturan> Tampilan> Lampu Malam untuk menyesuaikan sendiri suhu warna.

7. Menu App Baru

Menu aplikasi (yang muncul di Top Bar saat aplikasi sedang fokus) telah dihapus pada versi ini.

Pengembang aplikasi didorong untuk memindahkan ‘Menu Aplikasi’ ke dalam aplikasinya langsung.

Akibat perubahan ini, banyak aplikasi yang diuntungkan.

Contohnya Rhythmbox, yang meningkatkan tampilannya secara dramatis (meskipun belum digabung) dan Terminal GNOME, yang sekarang mendukung CSD (meskipun itu bukan default).

8. Emoji Keyboard Di Layar

gnome 3.22 keyboard emoji

GNOME 3.32 menambahkan input emoji ke keyboard di layar. Ini bukan perubahan yang inovatif, tetapi seharusnya membuatnya lebih mudah untuk menjawab dengan emotedari perangkat layar sentuh.

9. Avatar Bulat

avatar bulat di GNOME 3.22

Perubahan kecil lainnya yang sebagian besar tidak akan peduli tentang masalah avatar pengguna. Setiap tempat di mana foto / avatar profil akun pengguna muncul, akan tampak bulat.

Gaya avatar ‘fallback’ baru juga diperkenalkan dalam rilis ini. Lewatlah sudah foto-foto benda acak seperti bunga, cangkir kopi dan bola tenis dan dalam latar belakang polos bertuliskan inisial nama pengguna akun yang disalut (.eg, “JS” untuk Joey Sneddon).

10. Perangkat Lunak GNOME

ikon perangkat lunak gnome baru Akhirnya kami sampai pada perubahan yang memengaruhi hub Perangkat Lunak GNOME (versi terbaru yang tidak akan ditampilkan di Ubuntu 19.04).

Secara keseluruhan, mencari perangkat lunak baru harus lebih cepat di build baru karena parser AppStream telah ditulis ulang.

Rilis baru ini juga meningkatkan penanganan aplikasi yang tersedia dari berbagai sumber, misalnya, VLC tersedia sebagai aplikasi repo, Flatpak, Snap, dll. Dengan pemilihan sumber pada halaman detail memungkinkan Anda memilih format yang diinginkan.

Terkait dengan pengaturan perangkat lunak yang disentuh pada poin # 2, aplikasi Flatpak sekarang mencantumkan izin yang mereka butuhkan di halaman detail. Ini juga memberi tahu Anda jika izin baru diminta oleh aplikasi selama pembaruan.

11. Pemasangan Google Drive lebih cepat

Jika Anda memanfaatkan fitur ini, Anda akan senang mendengarnya karena dibuat lebih cepat.

Operasi (salin, ganti nama, buka, dll.) Hanya mengambil beberapa detik (menit bagi mereka yang memiliki banyak file di Google Drive) untuk bekerja.

Tetapi berkat penulisan ulang, file Google Drive ditampilkan dengan cepat dan operasi terjadi secara instan, bahkan untuk akun dengan banyak file. Fitur ini juga harus membuang lebih sedikit kesalahan!

Ringkasan

Desktop GNOME Shell tidak pernah terasa secepat atau selancar kecuali pada rilis ini.

Tema dan ikon Adwaita sangat cantik, menyegarkan seperti memulai kehidupan baru ke dalam desktop yang sudah membosankan dibandingkan dengan DE lainnya.

Dan meskipun kecil atau sepele beberapa dari peningkatan kontrol dan pengaturan, terutama di sekitar aplikasi Flatpak, merupakan inovasi yang cukup besar.

Sumber: omgubuntu

1 thoughts on “Rilis GNOME 3.32: 11 Fitur Terbaik

  1. Ping balik: Ubuntu 19.04 ‘Disco Dingo’ Telah Rilis dengan Fitur Baru | Ubuntu & KDE Neon

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.