“GSConnect” Cara Menghubungkan Ponsel Android Anda ke Ubuntu secara Nirkabel

Anda ingin menghubungkan Android ke Ubuntu untuk mentransfer file, melihat pemberitahuan Android, dan mengirim pesan teks SMS dari desktop Anda – tetapi bagaimana caranya?

Lain kali perlu mentransfer file dari ponsel Anda ke PC jangan repot-repot mengirim email kepada diri sendiri: gunakan GSConnect

Mudah: yang Anda butuhkan adalah distro Linux modern seperti Ubuntu dan ekstensi GNOME Shell open-source yang disebut ‘ GSConnect ‘.

GSConnect adalah add-on penuh fitur yang dikemas untuk desktop GNOME Shell. Ini memungkinkan Anda menghubungkan ponsel Android Anda ke Ubuntu melalui jaringan nirkabel, tidak perlu kabel USB.

Dalam posting ini kami membahas fitur yang ditawarkan ekstensi ini, dan menunjukkan kepada Anda cara menginstal GSConnect di Ubuntu 18.04 LTS atau lebih sehingga Anda dapat mencobanya sendiri!

Hubungkan Ponsel Android Anda ke Ubuntu

Mari kita mulai dengan menjawab pertanyaan besar: mengapa Anda mungkin ingin menghubungkan ponsel Android ke Ubuntu (atau PC desktop lainnya).

Jawaban sederhana (bagi saya) adalah kenyamanan .

Saya menggunakan ponsel Android saya (tidak ada yang mewah, hanya Mi Max 2), dan saya menggunakan PC Ubuntu saya (menjalankan rilis Ubuntu terbaru)

sambungkan android ke pc ubuntu

Keduanya adalah perangkat yang kuat dan produktif, dan ketika mereka bermain dengan baik dengan masing-masing itu membantu saya menghemat waktu, kerumitan dan sangat praktis.

Misalnya, jika saya ingin mengirim foto dari Android ke Ubuntu untuk mengeditnya di GIMP, saya dapat menggunakan GSconnect untuk melakukannya hanya dengan beberapa ketukan sederhana, secara nirkabel. Saya tidak perlu mencari dan memasang kabel, memasang telepon saya, menelusuri sistem file untuk folder yang tepat, saya harap saya mengeluarkan file yang benar …

Contoh lain untuk Anda: jika mouse bluetooth saya kehabisan baterai saat saya sedang bekerja (yang, peringatan trivia yang tidak berguna, itu tidak – terlalu sering!) Saya dapat menggunakan layar sentuh ponsel saya sebagai touchpad di Ubuntu dan terus bekerja.

gunakan layar sentuh ponsel Anda sebagai mouse

Cukup praktis, kan?

Ini adalah fitur semacam ini yang membuat GSConnect sangat berguna untuk dimiliki. Anggap saja sebagai pisau integrasi dan interoperabilitas tentara swiss yang sesungguhnya.

GSConnect vs KDE Connect

Sekarang, beberapa dari Anda membaca posting ini mungkin berpikir: ” Fitur-fitur ini terdengar akrab … ” – dan jika mereka melakukannya, itu karena mereka.

GSConnect tidak memerlukan dependensi KDE atau Qt. Benar-benar mandiri.

GSConnect adalah port JavaScript dari KDE Connect , aplikasi berbasis Qt yang kami (dan banyak lainnya) telah tuliskan banyak paragraf di masa lalu.

Baik KDE Connect maupun GSConnect bekerja dengan cara yang serupa. Keduanya bertindak sebagai jembatan antar perangkat. Mereka membiarkan perangkat Android berkomunikasi secara aman dengan PC Linux (dan sebaliknya), memungkinkan mereka untuk bertukar data, fitur sistem permukaan, kontrol leverage, dan banyak lagi.

Jadi perbedaan utama antara GSConnect dan KDE Connect adalah: toolkit, dependensi dan lingkungan desktop.

Aplikasi desktop KDE Connect ditulis dalam Qt. Qt sangat lintas platform, memungkinkan KDE Connect untuk berjalan di sebagian besar desktop dan distro Linux (tidak hanya KDE Plasma) – bahkan ada build yang tidak didukung untuk Windows 10!

Aplikasi KDE Connect Qt berjalan di Ubuntu
Aplikasi KDE Connect berjalan di Ubuntu

Kelemahan bagi mereka yang menggunakan sistem berbasis GNOME adalah bahwa aplikasi Qt cenderung membutuhkan sejumlah besar ketergantungan Qt untuk berfungsi; mereka sering terlihat tidak pada tempatnya; dan mereka tidak terintegrasi dengan rapi dengan desktop non-Qt seperti solusi asli lakukan.

GSConnect tidak memerlukan dependensi KDE atau Qt. Benar-benar mandiri.

Karena ini adalah ekstensi GNOME Shell, ia (tentu saja) memerlukan desktop GNOME agar berfungsi. Beberapa fitur dan plugin add-on juga bergantung pada aplikasi dan sinyal GTK tertentu (seperti file manager yang kompatibel, dukungan pemutar MPRIS, dan lainnya).

Gsconnect terintegrasi dengan Nautilus

Lebih lanjut, port non-Qt lebih mampu diintegrasikan dengan desktop Ubuntu , manajer file Nautilus , menghubungkan dan menggunakan sistem notifikasi GNOME asli untuk mengirimkan notifikasi Android pada desktop Linux (lengkap dengan inline reply atau tindakan).

Jika Anda ingin mencoba KDE Connect out, tetapi ditunda oleh dependensi Qt, maka ini untuk Anda.

GSConnect: Transfer File, Kirim SMS & Lainnya

Gambaran umum fitur GSconnect

Seperti disebutkan, Anda dapat menggunakan GSConnect untuk mengirim file dari Android ke PC (dan sebaliknya), melihat notifikasi Android di desktop, dan bahkan menggunakan ponsel Android sebagai mouse atau touchpad jarak jauh!

Tapi ada banyak fitur rapi lainnya:

Fitur utama dari ekstensi GSConnect termasuk:

  • Pantau level baterai ponsel Anda. Plugin baterai memungkinkan Anda memeriksa tingkat baterai ponsel Anda dan status pengisian daya dari PC Anda.
  • Jelajahi file dan folder Android di Nautilus. Pasang sistem file Android Anda di PC untuk menelusuri file dan folder di pengelola file Nautilus.
  • Kirim file ke / dari desktop dan ponsel Anda. Transfer file Android di Linux tanpa kabel. Kirim file ke Ubuntu dari Android, dan dari desktop Anda ke ponsel Anda.
  • Kirim pesan SMS dari desktop. Anda dapat mengirim pesan teks dari Ubuntu melalui GSConnect. Ketik keyboard yang sebenarnya, gunakan kontak lengkapi-otomatis, dan baca balasan.
  • Dapatkan pemberitahuan Android di PC Linux Anda. Anda tidak perlu mengangkat telepon Anda setiap kali pemberitahuan masuk karena GSConnect mencerminkan semua pemberitahuan dari perangkat Android Anda.

inline balas notifikasi android di desktop ubuntu

  • Balasan inline ke pesan WhatsApp. Anda tidak perlu mengangkat telepon Anda untuk mengirim balasan ke pesan WhatsApp.
  • Sinkronkan clipboard antara ponsel & desktop. Plugin clipboard menjaga desktop dan konten clipboard teks ponsel Anda dalam sinkronisasi.
  • Gunakan ponsel Anda sebagai mouse. Perlu mouse portabel dalam keadaan darurat? Aktifkan plugin input jarak jauh di KDE Connect untuk menggunakan layar sentuh ponsel Anda sebagai touchpad.
  • Gunakan keyboard ponsel Anda untuk memasukkan teks di aplikasi desktop. Baterai keyboard habis? Anda dapat menggunakan keyboard Android untuk mengetik teks di aplikasi dan bidang teks.
  • Kontrol volume & pemutaran musik. Sesuaikan volume dan kontrol pemutaran musik di pemutar musik yang didukung (Rhythmbox, VLC, dll) menggunakan aplikasi KDE Connect.

KDE Connect - Mengontrol VLC

Perlu dicatat bahwa GSConnect bahkan memungkinkan Anda memasangkan lebih dari satu perangkat sekaligus – dan kelola semuanya secara individual! Jika Anda memiliki beberapa perangkat yang ingin Anda integrasikan, cukup instal aplikasi Android dan ulangi langkah pemasangan (tercantum di bawah) pada setiap perangkat yang ingin Anda gunakan.

Bit terbaik? Siapa pun dapat menggunakan ini

Semua fitur ini tersedia melalui koneksi jaringan nirkabel biasa. Tidak ada hub atau titik akses mahal yang diperlukan, tidak ada kabel untuk dilepaskan, dan tidak ada perangkat lunak berpemilik untuk membeli atau mengatur.

Yang Anda butuhkan adalah distro Linux dengan GNOME Shell 3.28 (atau lebih baru), ekstensi (gratis) GSConnect, ditambah aplikasi (gratis) KDE Connect Android untuk memanfaatkan berbagai fitur.

Cara Memasang GSConnect di Ubuntu

Sekarang untuk bersenang-senang: cara menginstal GSconnect pada Ubuntu 18.04 LTS dan lebih tinggi (trivia: fitur ini direncanakan untuk dikirimkan secara default di Ubuntu 19.04 ).

Di bawah ini, kami memandu Anda melalui seluruh proses dari awal hingga selesai: dari menginstal ekstensi di Ubuntu hingga menginstal aplikasi KDE Connect Android di ponsel Anda.

1. Instal KDE Connect di Ponsel Android Anda

Aplikasi KDE Connect di Google Play Store

Langkah pertama adalah menginstal aplikasi KDE Connect ke perangkat Android Anda. Aplikasi ini gratis, perangkat lunak sumber terbuka dan Anda dapat menemukan kode sumbernya di GitHub.

Anda dapat mengunduh versi terbaru aplikasi dari F-Droid atau menginstalnya langsung dari Google Play Store:

KDE Connect di Google Play Store

2. Pasang GSConnect di Desktop Desktop GNOME

Ekstensi GNOME Shell gsconnect

Langkah kedua adalah menginstal GSConnect di desktop Ubuntu.

Anda dapat menginstalnya dari situs web GNOME Extensions menggunakan browser web seperti Firefox atau Google Chrome, dengan anggapan Anda telah mengikuti instruksi di sini.

GSConnect pada Ekstensi GNOME

Anda juga dapat menginstal GSConnect di Ubuntu 19.04 langsung dari aplikasi Perangkat Lunak Ubuntu. Cari berdasarkan nama atau klik tombol ini:

Instal GSConnect dari Perangkat Lunak Ubuntu

3. Hubungkan secara nirkabel

Dengan ekstensi desktop dan aplikasi Android terinstal, Anda dapat beralih ke langkah kritis ketiga: memasangkan.

Pertama tama pastikan perangkat Android Anda dan mesin Ubuntu Anda terhubung ke jaringan yang sama . Tidak masalah jika PC Anda terhubung melalui / ke ethernet dan ponsel Anda menggunakan Wi-Fi; selama keduanya menggunakan koneksi yang sama , integrasi akan berfungsi.

Untuk memasangkan, buka aplikasi KDE Connect di perangkat Android Anda. Dari tampilan layar utama untuk sistem Anda di bawah “Perangkat yang tersedia”.

Ketuk nama sistem Anda dan tekan tombol biru besar “Request Pairing” untuk melemparkan permintaan pasangan ke kotak Ubuntu Anda.

Sangat penting bahwa Anda mengirim permintaan pasangan dari telepon Anda ke Ubuntu dan bukan sebaliknya.

Terima permintaan pasangan di desktop Anda ketika diterima:

permintaan gsconnect-pair-pair

Setelah diterima, itu dia! Anda akan menemukan ponsel Anda tercantum di dalam Menu Status yang ditambahkan oleh persentase baterai kecil dan ikon.

Klik pada nama perangkat Android Anda untuk membuka menu lengkap, di mana Anda akan menemukan tautan cepat ke pesan SMS, menemukan perangkat Anda, pemasangan file, dan berbagi. Ada juga sakelar ‘Jangan Ganggu’ dan (yang paling penting) tautan untuk mengakses pengaturan / preferensi GSConnect.

GSConnect di Menu Status

4. Pilih Fitur Anda

Dengan perangkat Anda dipasangkan dan berkomunikasi hal terakhir yang harus dilakukan adalah menyalakan fitur dan integrasi yang Anda inginkan!

Untuk mengaktifkan fitur di aplikasi KDE Connect Android, buka saja, pilih perangkat desktop Anda, ketuk tombol menu, dan pilih ‘Pengaturan plugin’.

Anda akan melihat layar ini:

Kde menghubungkan plugin android

Aktifkan / nonaktifkan fitur dengan mengetuk kotak centang.

Untuk mengaktifkan plugin dalam ekstensi GSConnect di desktop Anda, Anda perlu membuka Menu Status> Perangkat Anda> Pengaturan Seluler.

Di jendela yang muncul, Anda harus memilih perangkat Android dari bilah sisi dan, di halaman berikutnya, buka bagian “Lanjutan” untuk mengaktifkan / menonaktifkan berbagai opsi GSconnect:

Beberapa fitur ini, seperti sinkronisasi clipboard dan integrasi pemutar media, memiliki kontrol tambahan yang dapat diatur, dikelola atau dikonfigurasikan dari bagian “Berbagi”:

pengaturan seluler gsconnect

Preferensi untuk peringatan panggilan masuk dan keluar tersedia di bagian ‘Teleponi’:

gsconnect pengaturan panggilan masuk

Melangkah Lebih Jauh

Anda dapat menggunakan GSConnect dengan browser web Google Chrome dan Mozilla Firefox. Untuk melakukan ini, Anda perlu menginstal ekstensi web tambahan. Anda akan menemukan ini tersedia di setiap toko / pasar add-on resmi browser.

Pilih Mode Menu

Gsconnect memiliki mode panel dan mode menu status

Secara default GSConnect melipat dirinya sendiri di Menu Status Shell GNOME. Ini membantu menjaga area bar bagian atas tetap rapi.

Tetapi untuk lebih banyak akses instan ke perangkat dan fitur Anda, seperti Olahpesan, Temukan Telepon saya, Sistem File dan Berbagi, Anda dapat beralih ke mode “Panel” di mana menu berperilaku lebih seperti applet indikator tradisional.

Pasang Perangkat Android dari Jarak Jauh di Nautilus

jelajahi sistem file android

Seperti MTP virtual, Anda dapat memasang ponsel Android Anda di manajer file Ubuntu untuk menelusuri, menyalin, dan mengelola file, folder, dan foto di ponsel Anda melalui jaringan nirkabel.

Tetapi untuk menghubungkan dari jarak jauh ke perangkat Android Anda melalui WiFi untuk menelusuri sistem file seperti mount biasa, pertama-tama Anda harus mengaktifkan pengaturan integrasi Nautilus di bagian plugin dari GSConnect dan aplikasi KDE Connect Android (lihat di atas untuk rincian tentang bagaimana melakukan bahwa).

Selanjutnya, tergantung pada pengaturan sistem Anda, Anda mungkin juga perlu menginstal beberapa dependensi. Aplikasi GSConnect akan menawarkan untuk membantu Anda menginstal ini (lihat panel ‘Other> Filesystem’) tetapi untuk menjalankannya:

  sudo apt install python-nautilus gir1.2-nautilus-3.0 sshfs

Setelah selesai, Anda akan dapat memasang sistem file Android Anda dari jarak jauh untuk menelusuri, mengedit, dan mentransfer file. Anda juga dapat dengan cepat mengirim file dari Ubuntu ke Android melalui Nautilus: cukup klik kanan pada file dan pilih entri Kirim ke Perangkat Seluler> Perangkat menu:

mentransfer file dari ubuntu ke android

Ringkasan

GSConnect adalah cara terbaik untuk menggunakan Android dengan Ubuntu dan distro Linux lain yang kompatibel, tidak diragukan lagi.

Dan sementara aplikasi “Your Phone” dari Microsoft memberikan pengguna Windows 10 fitur yang mirip dengan yang disebutkan di atas, saya benar-benar berpikir GSConnect lebih kuat, lebih mampu, dan jauh lebih mudah digunakan.

GSConnect adalah perangkat lunak gratis yang mudah digunakan.

Namun, jika Anda mengalami masalah, seperti mencoba membuat PC dan ponsel Anda saling bertemu, pastikan untuk memeriksa halaman wiki yang komprehensif dan mengajukan masalah ke Github.

Akhirnya, jika Anda menemukan posting ini bermanfaat (dan saya harap Anda melakukannya) silakan pertimbangkan untuk membagikannya di Twitter, Facebook, Reddit, lemari es Anda atau di mana pun yang sesuai!

Sumber: omgubuntu

1 thoughts on ““GSConnect” Cara Menghubungkan Ponsel Android Anda ke Ubuntu secara Nirkabel

  1. Ping balik: Ubuntu 19.04 ‘Disco Dingo’ Telah Rilis dengan Fitur Baru | Ubuntu & KDE Neon

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.