GNU Linux-Libre 5.2 Kernel Dirilis untuk yang Mencari 100% Kebebasan untuk PC mereka

Proyek GNU Linux-libre telah merilis kernel GNU Linux-libre 5.2, versi 100% gratis dari kernel Linux yang tidak menyertakan driver, firmware, atau kode apa pun.

Berdasarkan seri kernel Linux 5.2 yang baru dirilis, yang memperkenalkan dukungan Sound Open Firmware untuk perangkat audio DSP, kernel GNU Linux-libre 5.2 juga disertakan dengan firmware open-source, yang tidak termasuk dalam versi sebelumnya dari GNU Linux -Libre.

“Saya tidak menyadari bahwa file-file SOF adalah Perangkat Lunak Bebas dalam rilis-rilis sebelumnya, jadi permintaan untuk file-file ini dinonaktifkan di dalamnya,” kata pengembang Alexandre Oliva dalam pengumuman milis. “Hanya saat membersihkan modul kernel baru yang khusus ditujukan untuk perangkat pendukung SOF, saya menyadari kesalahan saya.”

Kernel GNU Linux-libre 5.2 juga deblobs beberapa driver baru, termasuk btmtksdio, iqs5xx, ishtp, mt7615, rtw88, rtw8822b, rtw8822c, dan ucsi \ _ccg, dan membersihkan amdgpu, goya, imx-driver, dan file, ix . Selanjutnya, driver r8822be diganti dengan rtw8822 [bc], yang kodenya juga dibersihkan di kernel GNU Linux-libre 5.2 kebebasan.

100% kebebasan untuk komputer pribadi Anda

Seperti yang diiklankan, kernel GNU Linux-libre menjanjikan kebebasan 100% untuk komputer pribadi Anda karena tidak termasuk driver berpemilik atau kode lain apa pun yang tidak sepenuhnya Open Source. Karena itu, jika Anda peduli dengan kebebasan PC Anda dan tidak ingin menjalankan perangkat lunak berpemilik, kami sarankan untuk menginstal kernel GNU Linux-libre 5.2.

Anda dapat mengunduh kernel GNU Linux-libre 5.2 sekarang dari situs web resmi atau menginstalnya langsung dari repositori perangkat lunak distribusi GNU / Linux favorit Anda. Kernel GNU Linux-libre 5.2 mencakup semua fitur baru dan peningkatan yang diimplementasikan dalam seri kernel Linux 5.2 terbaru.

Sumber: Softpedia

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.